Bolehkah Laki-laki dan Perempuan Bersahabat?

0
927

Oleh: Tita Rahayu Sulaeman

Linimasanews.com—Sahabat mungkin pernah mendengar, sebagian dari teman-teman perempuan kita berkata bahwa ia lebih nyaman berteman dengan laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Alasannya beragam. Ada yang merasa laki-laki lebih pengertian. Ada juga yang berpendapat kalau perempuan lebih mudah tersinggung atau terbawa perasaan sehingga ia lebih nyaman bersahabat dengan laki-laki. Tapi, Sahabat, apakah boleh kita bersahabat dengan lawan jenis?

Kehidupan kita saat ini sangat memungkinkan laki-laki dan perempuan untuk bertemu dan berinteraksi seolah tanpa batasan, jika bukan individu yang bersangkutan yang membuat batasan. Bertemu setiap hari dalam satu tempat yang sama, menjadikan komunikasi terjalin secara terus-menerus. Di lingkungan rumah, sekolah, kantor atau bahkan di sosial media. Maka, tak heran, ada laki-laki dan perempuan bisa bersahabat.

Sahabat, sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, setiap orang pastilah membutuhkan kehadiran seorang teman atau sahabat. Kehadirannya bisa menjadi tempat berbagi cerita, saling membantu saat kesulitan, selalu ada dalam suka dan duka. Ke mana pun selalu bersama.

Namun ,sebagai seorang Muslim, memilih sahabat tentu harus berhati-hati. Apalagi jika persahabatan yang dimaksud adalah interaksi yang intens dengan lawan jenis. Sebab, dikhawatirkan akan menjadi celah timbulnya fitnah.

Islam mengatur sistem pergaulan antara laki-laki dan perempuan. Ada batasan ketika berinteraksi dengan lawan jenis. Seperti, harus menundukkan pandangan, tidak boleh berduaan, tidak boleh juga ikhtilat (campur baur). Interaksi yang diperbolehkan antara laki-laki dan perempuan hanya sebatas pada hal-hal yang diperbolehkan hukum syara’. Misalnya, jual beli, pengobatan atau pendidikan. Maka, interaksi persahabatan tidak dibenarkan bagi mereka yang berlawanan jenis.

Sebagai seorang Muslimah, kita harus selalu ingat bahwa setiap tindakan kita terikat dengan hukum syara’. Dalam hal berteman pun, kita harus tetap mengikuti aturan dari Sang Pencipta.

Allah SWT adalah yang paling memahami setiap hamba-Nya. Secara naluriah manusia telah Allah ciptakan dengan kecenderungan perasaannya terhadap lawan jenis. Naluri ini harus tetap terjaga. Hanya boleh dipenuhi dengan cara yang halal.

Aturan-aturan yang Allah tetapkan adalah bentuk penjagaan terhadap laki-laki dan perempuan agar tidak terjerumus dalam maksiat. Perempuan tidak pernah benar-benar tahu, apa yang ada di dalam benak laki-laki ketika mereka bersama. Laki-laki bisa saja berlaku baik terhadap perempuan. Namun, jika ada rasa takut dalam dirinya terhadap Allah SWT, maka tentu ia tidak akan mendekati apa pun yang Allah larang. Seperti, menjalin interaksi yang intens dengan perempuan.

Maka, Sobat, sebaik-baiknya laki-laki bukanlah ia yang ‘meratukan’ dirimu. Melainkan, ia yang menjaga interaksinya denganmu.

Bersahabatlah dengan sesama perempuan. Milikilah sahabat yang tidak hanya ada saat suka maupun duka. Namun, kehadirannya membawa diri kita pada kebaikan. Kehadirannya membuat kita menjadi hamba Allah yang semakin taat. Sahabat sejati ialah ketika langkah kaki seiring sejalan tak hanya di dunia, tapi juga hingga ke surga-Nya.

Artikulli paraprakKasus Bullying Kembali Terjadi, Remaja Tidak Aman
Artikulli tjetërTuntaskan Zina Transaksional sampai Akarnya
Visi : Menjadi media yang berperan utama dalam membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhan mengembalikan kehidupan Islam. Semua isi berupa teks, gambar, dan segala bentuk grafis di situs ini hanya sebagai informasi. Kami berupaya keras menampilkan isi seakurat mungkin, tetapi Linimasanews.com dan semua mitra penyedia isi, termasuk pengelola konsultasi tidak bertanggungjawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan berkaitan penggunaan informasi yang disajikan. Linimasanews.com tidak bertanggungjawab atas akibat langsung ataupun tidak langsung dari semua teks, gambar, dan segala bentuk grafis yang dihasilkan dan disampaikan pembaca atau pengguna di berbagai rubrik “publik” seperti Opini, Suara Pembaca, Ipteng, Reportase dan lainnya. Namun demikian, Linimasanews.com berhak mengatur dan menyunting isi dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menjauhi isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras. Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab Linimasanews.com. Semua hasil karya yang dimuat di Linimasa news.com baik berupa teks, gambar serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta Linimasanews.com Misi : * Menampilkan dan menyalurkan informasi terbaru, aktual dan faktual yang bersifat edukatif, Inspiratif, inovatif dan memotivasi. * Mewadahi bakat dan/atau minat sahabat lini masa untuk turut berkontribusi membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhannya mengembalikan kehidupan Islam melalui literasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini