Jangan Biarkan Nyawa Nakes Melayang

0
6

Suara Pembaca

Menurut catatan LaporCOVID-19 hingga 28 Desember 2020, total ada 507 nakes dari 29 provinsi di Indonesia yang telah gugur karena Covid-19. Hal ini amat disayangkan karena mereka adalah pejuang garda terdepan untuk menghadapi musibah pandemi ini.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan terus bertambahnya dokter yang meninggal dunia akibat covid-19 adalah kerugian besar bagi Indonesia. Berdasarkan data Bank Dunia, jumlah dokter di Indonesia terendah kedua di Asia Tenggara, yaitu sebesar 0,4 dokter per 1.000 penduduk.

Artinya, Indonesia hanya memiliki 4 dokter yang melayani 10.000 penduduknya. Sehingga, kehilangan 100 dokter sama dengan 250.000 penduduk tidak punya dokter.

Islam memandang nyawa seorang Muslim amatlah sangat berharga, bahkan dari kehancuran ka’bah sekaligus. Apalagi para nakes yang dedikasi Ilmu mereka bertujuan melindungi kehidupan manusia. Seharusnya memang ada kebijakan pemimpin sebagaimana Khalifah Umar yang merasa bertanggung jawab jangankan menjaga nyawa manusia, bahkan seekor hewan pun tak dibiarkannya melayang.

Ummu Ilman
Bantul, Yogyakarta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini