Mencari Sahabat Sejati

0
8

Oleh: Dian Anjarwati (Pegiat Smes Malang)

Sobat, pastinya sering dengar dari teman kalau kita harus open minded. Biasanya untuk hal-hal yang ternyata itu di luar kebiasaan. Tapi kejadiannya kebanyakan adalah open minded ini jadi kebablasan. Memang, akhirnya kita menerima pandangan yang jelas salah, demi pertemanan tetap jalan. Iya apa iya? Tapi setelah satu pandangan walau salah tadi, makin solid persahabatan, tapi pikiran kita sesak. Ah mantap.

Sobat, kadang masalah beda pandangan sering terjadi dalam pertemanan kita. Tapi yang perlu dipegang adalah prinsip kita sendiri juga harus kuat.

Banyaknya pemikiran yang salah ini adalah dari luar, bisa dibilang pandangan Barat yang selama ini sudah diadopsi oleh banyak orang. Misalnya pergaulan bebas, hak asasi, perayaan tertentu, dan sederet lainnya.

Sobat, kalau nemuin hal kayak gitu pertama yang bisa kita lalukan adalah lihat dulu, dari mana asal pemikiran itu. Pemikiran Barat itu berlandaskan sebuah pandangan pemisahan agama dari kehidupan. Jadi ketika mereka menjalankan kehidupannya misal dalam pergaulan, mereka nggak akan kaitkan sama agama. Bagi mereka ini yang penting bahagia.

Terus ya Sobat, yang kedua setelah tahu itu dari pandangan yang salah karena memisahkan agama dari kehidupan, maka kita menguatkan dan menjauhkan diri dari pemikiran itu. Walaupun sedih ya, ditinggal teman.

Eh tapi jangan sedih berkepanjangan ya, Sobat. Ada banyak hal positif buat kita semua biar kuat dan jauh dari pemikiran salah. Pertama, kuatkan aqidah kita, kembalikan segala aturan kehidupan pada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Sudah menjadi kewajiban seorang muslim terikat pada aturan dari Allah dan Rasul. Jangan menjadikan aturan hidup lain mengatur kehidupan kita. Kedua, ikutan kajian Islam. Dengan terus mengkaji Islam, pemikiran yang salah akan tergerus dari diri kita, terganti dengan pemikiran Islam yang kita pelajari. Ketiga, terus memperjuangkan Islam dengan segala aturan hidup dari Al Khaliq, Yang Maha Mengatur kehidupan manusia. Hanya dengan Islam, pemikiran salah yang saat ini ada di tengah masyarakat bisa terganti.

Saat ini perjuangan Islam semakin kuat ya, Sobat, sudah banyak teman-teman yang semangat mengkaji Islam dan memperjuangkannya. Bukan zamannya lagi kita ikutan arus yang salah hanya demi pertemanan tapi gadaikan aqidah. Kitalah yang harus membuat arus baru dalam pertemanan kita, dengan kuatnya kita memegang aqidah. Dengan begini, kita bisa temukan sahabat sejati kita, yaitu mau bersama menerima kebenaran dan memperjuangkannya.

Wallahu’alam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini