Menjaga Fitrah agar Tidak Berakhir Musibah

0
16

Oleh : Rima Rahmawati

Linimasanews.com- Hari ini perilaku amoral seperti seks di luar nikah nampaknya bukan lagi menjadi sesuatu yang tabu di masyarakat. Bahkan tidak sedikit yang beranggapan bahwa hal tersebut bagian dari hak asasi manusia atau kebebasan berekspresi yang perlu untuk dilindungi. Ironi memang, apalagi jika membaca sabda Nabi berikut:
“Jika zina dan riba sudah menyebar di suatu kampung maka sesungguhnya mereka telah menghalalkan azab Allah atas diri mereka sendiri.” (HR Al-Baihaqi)

Maraknya praktik zina ini kerapkali tidak memandang status, waktu, tempat, bahkan usia. Ketika nafsu telah menguasai diri, maka bisikan setan pun diikuti. Di Sumedang sebanyak sembilan pasangan bukan suami istri terjaring razia petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di sejumlah tempat penginapan dan hotel di wilayah Sumedang pada Rabu (30/12/2020) malam (detik.com).

Zina merupakan perilaku yang telah nyata keburukannya. Dampaknya dapat mengakibatkan berbagai kerusakan bukan hanya bagi pelaku tetapi juga masyarakat secara umum. Ibnul Qayyim mengatakan bahwa zina adalah salah satu penyebab kematian massal dan penyakit tha’un. Tatkala perzinaan dan kemungkaran merebak dikalangan pengikut Nabi Musa, Allah Swt menurunkan wabah tha’un sehingga setiap hari 71.000 orang mati (Kitab Ath-Thuruq Al-Hukmiyah fii As-Siyaasah Asy-Syar’iyyah, hal 281).

Dalam penanganan praktik zina memang tidak cukup hanya dengan razia tempat-tempat hiburan, ataupun hotel. Karena pada faktanya, razia saja tidak dapat menghentikan perilaku amoral tersebut. Penting untuk dipahami bahwa zina bukan semata-mata penyimpangan sosial melainkan kemaksiatan kepada Allah SWT. Sayangnya, kemaksiatan ini begitu jelas dipertontonkan karena prinsip pemisahan agama dari kehidupan (sekulerisme) yang melahirkan paham kebebasan (liberalisme) diadopsi, sehingga menimbulkan berbagai macam kemudharatan.

Islam adalah agama sekaligus pandangan hidup yang memuat sejumlah aturan kehidupan. Islam bukan hanya melarang praktik zina, namun juga mencegah supaya pelanggaran terhadap syariat ini tidak terjadi. Aturan Islam yang dimaksud menyentuh individu, masyarakat dan negara.

Aturan Islam yang ditujukkan bagi individu untuk mencegah praktik zina diantaranya; perintah menutup aurat, perintah menundukkan pandangan, larangan ikhtilat, larangan khalwat, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat diperintahkan untuk amar ma’ruf nahi mungkar. Adapun aturan Islam yang ditujukkan bagi negara di antaranya; negara wajib menyelenggarakan pendidikan berbasis akidah Islam, negara wajib menerapkan sistem pergaulan Islam dan menerapkan sanksi tegas sesuai ketentuan syariat terhadap pelaku maksiat. Dengan begitu, fitrah manusia berupa naluri berkasih sayang tidak berakhir dengan musibah, melainkan menghadirkan ketenangan dan keberkahan.

Artikulli paraprakUntuk Apa Menulis?
Artikulli tjetërTransportasi dan Kebijakan Negara
Visi : Menjadi media yang berperan utama dalam membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhan mengembalikan kehidupan Islam. Semua isi berupa teks, gambar, dan segala bentuk grafis di situs ini hanya sebagai informasi. Kami berupaya keras menampilkan isi seakurat mungkin, tetapi Linimasanews.com dan semua mitra penyedia isi, termasuk pengelola konsultasi tidak bertanggungjawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan berkaitan penggunaan informasi yang disajikan. Linimasanews.com tidak bertanggungjawab atas akibat langsung ataupun tidak langsung dari semua teks, gambar, dan segala bentuk grafis yang dihasilkan dan disampaikan pembaca atau pengguna di berbagai rubrik “publik” seperti Opini, Suara Pembaca, Ipteng, Reportase dan lainnya. Namun demikian, Linimasanews.com berhak mengatur dan menyunting isi dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menjauhi isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras. Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab Linimasanews.com. Semua hasil karya yang dimuat di Linimasa news.com baik berupa teks, gambar serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta Linimasanews.com Misi : * Menampilkan dan menyalurkan informasi terbaru, aktual dan faktual yang bersifat edukatif, Inspiratif, inovatif dan memotivasi. * Mewadahi bakat dan/atau minat sahabat lini masa untuk turut berkontribusi membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhannya mengembalikan kehidupan Islam melalui literasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini