My Hijab My Identity

0
323

Oleh : Tri Purwasih. P (C.L.F)
(Mentor KISRA Batam)

“Mi, tante Siti puasa juga tak?” tanya gadis sulungku yang tahun ini akan masuk sekolah dasar.

“Puasalah kak, kan tante Siti muslim jadi wajib puasa juga,” jawabku menjelaskan.

“Oh… tapi kok nggak pakai kerudung ya mi?” tanyanya lagi.

Si kakak termasuk anak yang kritis. Dia akan menanyakan semua hal yang mengusiknya. Bahkan terkadang pertanyaannya di luar perkiraan dan saya pun harus berusaha menjelaskan dengan bahasa yang bisa dia cerna.

Sedari kecil, saya sudah membiasakannya untuk menutup aurat. Selain membiasakan, saya sebagai orangtua, jelas harus mencontohkan juga. Sehingga terbentuk pemahaman ketika keluar rumah harus menutup aurat secara sempurna dengan jilbab dan kerudung. Ketika saya memakai jilbab dan kerudung dia akan bertanya, “Umi mau kemana?”

Secara bertahap sesuai usianya, saya jelaskan batasan-batasan aurat seorang muslimah dan mengapa aurat harus ditutup sebagai informasi dan bekal ketika dia baligh nanti. Itulah mengapa ketika ada yang tidak menutup aurat dia akan bertanya.

Jilbab dan kerudung selain sebagai pakaian juga memiliki makna yang lebih mendalam, yakni sebagai identitas seorang muslimah. Jilbab dan kerudung adalah pakaian yang dapat membedakan mana seorang muslimah dan mana nonmuslimah. Seperti tercantum dalam surat Al Ahzab ayat 59:

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Selain itu, dengan memakai jilbab dan kerudung juga merupakan bentuk ketaatan seorang hamba terhadap aturan yang diturunkan Rabbnya. Ketika tahu maka dia laksanakan. Tidak ada dalih untuk menolak atau mencari-cari alasan untuk tidak mengerjakan, taat tanpa tapi, taat tanpa nanti. Itulah bukti bahwa dia muslim sejati.

Wallahu’alam bishawab

Artikulli paraprakGugusan Kemarahan
Artikulli tjetërKolaka Utara dan Bayang-bayang Perceraian
Visi : Menjadi media yang berperan utama dalam membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhan mengembalikan kehidupan Islam. Semua isi berupa teks, gambar, dan segala bentuk grafis di situs ini hanya sebagai informasi. Kami berupaya keras menampilkan isi seakurat mungkin, tetapi Linimasanews.com dan semua mitra penyedia isi, termasuk pengelola konsultasi tidak bertanggungjawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan berkaitan penggunaan informasi yang disajikan. Linimasanews.com tidak bertanggungjawab atas akibat langsung ataupun tidak langsung dari semua teks, gambar, dan segala bentuk grafis yang dihasilkan dan disampaikan pembaca atau pengguna di berbagai rubrik “publik” seperti Opini, Suara Pembaca, Ipteng, Reportase dan lainnya. Namun demikian, Linimasanews.com berhak mengatur dan menyunting isi dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menjauhi isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras. Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab Linimasanews.com. Semua hasil karya yang dimuat di Linimasa news.com baik berupa teks, gambar serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta Linimasanews.com Misi : * Menampilkan dan menyalurkan informasi terbaru, aktual dan faktual yang bersifat edukatif, Inspiratif, inovatif dan memotivasi. * Mewadahi bakat dan/atau minat sahabat lini masa untuk turut berkontribusi membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhannya mengembalikan kehidupan Islam melalui literasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini