Narkoba Mengancam Generasi

0
55

Suara Pembaca

Aktor Revaldo Vifaldi Surya Permana berurusan dengan kepolisian terkait penyalahgunaan narkoba untuk ketiga kalinya membuat dunia hiburan geger. Tidak hanya Revaldo, sederet artis ternyata terbukti pernah menyalahgunakan narkoba.

Penyalahgunaan narkoba di kalangan artis menjadi cermin maraknya peredaran barang haram di tengah-tengah masyarakat. Polda Metro Jaya bahkan menemukan liquid vape yang mengandung narkoba jenis sabu cair yang dicampur ke dalam kopi atau cairan rokok elekronik. Sasaran utamanya adalah pemuda yang sering mengisap rokok elektronik vape.

Narkoba membuat generasi muda Muslim menjadi lemah dan rusak. Jangankan memikirkan persoalan umat yang demikian rumit, memikirkan diri sendiri saja penyalahguna narkoba tidak mampu. Meraka sibuk dengan dunia gelap, dengan gelap mata memuaskan hawa nafsunya pada barang haram tersebut.

Mirisnya, ada pengguna narkoba tersandung kasus yang sama hingga beberapa kali. Banyak dari mereka bersembunyi di balik ide kebebasan yang kebablasan. Ada pula yang menjadikan mental health sebagai alasan mereka memakai barang haram.

Padahal, Allah SWT berfirman, “Wahai manusia makanlah dari makanan yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah langkah setan sesungguhnya setan musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 168)

Terdapat pula hadits dari Ummu Salamah, ia berkata, “Rasullulah SAW melarang segala yang memabukkan dan mufatir (yang membuat lemah).” (HR Abu daud 3686 dan Ahmad 6.309]

Dengan demikian, sangat jelas bahwa narkoba hukumnya haram. Sebab, narkoba adalah zat yang memabukkan dan melemahkan. Hukum asal benda yang berbahaya (mudarat) adalah haram.

Hanya saja, di kehidupan sekuler liberal, halal dan haram tidak lagi menjadi tolok ukur tiap aktivitas dalam kehidupan. Semua hal sering kali dianggap boleh, asalkan tidak merugikan orang lain secara langsung. Yang penting menyenangkan meskipun harus menghalalkan segala cara.

Penyelesaian masalah narkoba oleh penguasa saat ini tidaklah menyentuh akar persoalan. Narkoba masih marak beredar di masyarakat. Negara juga tidak menjatuhkan sanksi hukum yang memberi efek jera bagi pelaku.

Dalam sistem Islam, hukum syara’ adalah tolak ukur perbuatan. Dalam sistem Islam, aparat akan mencegah masuknya peredaran narkoba lewat jalur darat, laut, dan udara.

Negara akan menerapkan sanksi tegas bagi pengguna, pengedar, dan produsen narkoba. Akan ada sanksi takzir, yaitu jenis dan kadarnya ditentukan oleh qodi (hakim), misalnya dipenjara, dicambuk, dsb. Bisa juga sampai dihukum mati. Inilah gambaran solusi efektif yang bisa memberantas narkoba hingga tuntas.

Tuti Kurniawati

Artikulli paraprakViral Keracunan Chiki Ngebul, Bukti Sistem Keamanan Pangan Tumpul
Artikulli tjetërMaraknya Kekerasan Seksual Alarm Rusaknya Sebuah Peradaban
Visi : Menjadi media yang berperan utama dalam membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhan mengembalikan kehidupan Islam. Semua isi berupa teks, gambar, dan segala bentuk grafis di situs ini hanya sebagai informasi. Kami berupaya keras menampilkan isi seakurat mungkin, tetapi Linimasanews.com dan semua mitra penyedia isi, termasuk pengelola konsultasi tidak bertanggungjawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan berkaitan penggunaan informasi yang disajikan. Linimasanews.com tidak bertanggungjawab atas akibat langsung ataupun tidak langsung dari semua teks, gambar, dan segala bentuk grafis yang dihasilkan dan disampaikan pembaca atau pengguna di berbagai rubrik “publik” seperti Opini, Suara Pembaca, Ipteng, Reportase dan lainnya. Namun demikian, Linimasanews.com berhak mengatur dan menyunting isi dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menjauhi isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras. Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab Linimasanews.com. Semua hasil karya yang dimuat di Linimasa news.com baik berupa teks, gambar serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta Linimasanews.com Misi : * Menampilkan dan menyalurkan informasi terbaru, aktual dan faktual yang bersifat edukatif, Inspiratif, inovatif dan memotivasi. * Mewadahi bakat dan/atau minat sahabat lini masa untuk turut berkontribusi membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhannya mengembalikan kehidupan Islam melalui literasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini