Tak Ada Kata Terlambat untuk Mempelajari Al-Qur’an

0
58

Oleh: Intan Annisa

Allah akan senantiasa mempermudah siapa pun hamba-Nya yang bersungguh-sungguh mau mempelajari Al-Qur’an. Allah menyebutkan janji-Nya dalam Al-Qur’an surah al-Qamar sebanyak 4 kali.
“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”

Bukankah Al-Qur’an adalah bagian dari umat Muslim? Al-Qur’an adalah pedoman umat Muslim. Makna sebuah pedoman adalah penuntun kepada arah yang benar. Jika demikian, lalu bagaimana jika umat Islam enggan untuk mempelajari Al-Qur’an? Bagaimana jika kita acuh pada pedoman? Bukankah kita semua mendambakan untuk dapat menapaki surga Allah?

Sungguh malu jika kita yang mengaku umat Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wasallam tetapi jauh dari Al-Qur’an. Sebab, Beliau shalallahu’alaihi wasallam diutus Allah untuk membawa Al-Qur’an ke tengah-tengah umat manusia. Beliau membawanya dengan penuh perjuangan hingga menjadi penerang peradaban, hingga zaman ini.

Bagi umat Islam, umur bukanlah sebuah penghalang untuk menelaah Al-Qur’an. Di luar sana ada banyak ibu-ibu, para lansia, orang-orang yang umurnya tak lagi muda semangat mempelajari Al-Qur’an. Pastinya mereka juga dihadapkan dengan berbagai aktivitas dan kesibukan lainnya, namun semangat mereka berkobar untuk dapat menelaah makna dari setiap ayat-ayat di dalam Al-Qur’an.

Lalu, bagaimana kita para pemuda? Sudah seharusnya jauh lebih giat. Seharusnya jauh lebih bersemangat. Bukankah pemuda adalah pemimpin di masa depan yang tentunya akan melanjutkan tongkat perjuangan berdirinya Islam nan kokoh? Adakah kita merasa malu?

Kita mesti mengingat firman Allah,

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًاۙ

“Sungguh, Al-Qur’an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.” (QS. Al Isra ayat 9)

Semoga Allah senantiasa mempermudah kita semua untuk senantiasa menelaah Al-Qur’an, memaknainya, mencintainya, dan menjadikan Al-Qur’an bagian dari kehidupan.

Artikulli paraprakWaspada Kriminalitas Anak
Artikulli tjetërPERAN MAHASISWA MILENIAL SEBAGAI KUNCI PERADABAN BANGSA
Visi : Menjadi media yang berperan utama dalam membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhan mengembalikan kehidupan Islam. Semua isi berupa teks, gambar, dan segala bentuk grafis di situs ini hanya sebagai informasi. Kami berupaya keras menampilkan isi seakurat mungkin, tetapi Linimasanews.com dan semua mitra penyedia isi, termasuk pengelola konsultasi tidak bertanggungjawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan berkaitan penggunaan informasi yang disajikan. Linimasanews.com tidak bertanggungjawab atas akibat langsung ataupun tidak langsung dari semua teks, gambar, dan segala bentuk grafis yang dihasilkan dan disampaikan pembaca atau pengguna di berbagai rubrik “publik” seperti Opini, Suara Pembaca, Ipteng, Reportase dan lainnya. Namun demikian, Linimasanews.com berhak mengatur dan menyunting isi dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menjauhi isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras. Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab Linimasanews.com. Semua hasil karya yang dimuat di Linimasa news.com baik berupa teks, gambar serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta Linimasanews.com Misi : * Menampilkan dan menyalurkan informasi terbaru, aktual dan faktual yang bersifat edukatif, Inspiratif, inovatif dan memotivasi. * Mewadahi bakat dan/atau minat sahabat lini masa untuk turut berkontribusi membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhannya mengembalikan kehidupan Islam melalui literasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini