Tapak Tilas Pengusiran Kaum Kafir terhadap Orang Beriman

0
59

Oleh: Novida Sari, S.Kom (Ketua Forum Muslimah Peduli Generasi Mandailing Natal)

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan laporan terkait kekejaman Israel terhadap Palestina akhir-akhir ini. Laporan terkait konflik Israel dan Palestina itu dirilis oleh Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA).

Otoritas Israel telah menguasai dan meratakan 26 bangunan milik warga Palestina di Area C dari Tepi Barat dan Yerusalem Timur sejak Selasa, 2 Maret 2021 hingga Senin, 15 Maret 2021. Hal ini menyebabkan 42 warga Palestina menjadi tunawisma (www.pikiran-rakyat.com, 27/3/2021).

Apa yang menimpa Palestina hari ini, juga telah dialami oleh Rasulullah saw. beserta orang-orang yang beriman bersamanya. Seperti yang diberitakan oleh Allah SWT,
وَلِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ ۚ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat. Maka kemanapun kalian menghadap, di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui.” (TQS Al-Baqarah: 115)

Dari Ibnu Abbas, pada awal hijrah ke Madinah, Rasulullah saw. shalat menghadap ke arah Baitul Maqdis selama 16 atau 17 bulan. Kondisi ini sangat disukai oleh orang Yahudi, meskipun sebenarnya Rasulullah saw. lebih suka dengan masjid-nya Ibrahim di Makkah.

Sehingga, Allah SWT menghibur Rasulullah saw. yang terusir akibat kebebalan kaum Quraisy akan cahaya Islam dan secara otomatis membuat mereka meninggalkan masjid dan tempat shalat mereka.

Ayat ini juga menunjukkan kekuasaan Allah SWT. Tampak dari kata الْمَشْرِقُ (timur) dan الْمَغْرِبُ (barat), dua arah dari ujung ke ujung dunia yang luas, yang semakin menunjukkan manusia bukanlah siapa-siapa. Melainkan, hanya milik Allah SWT semata.

Pada kata فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ (maka ke mana pun manusia menghadap, di situlah wajah Allah). Bumi itu adalah milik Allah SWT. Bukan dari segi tempatnya, akan tetapi Allah-lah yang menciptakan dan mengurusnya sehingga Allah SWT membuat semua masjid menjadi tempat menyembah Allah SWT.

Meskipun pada akhirnya Allah SWT menasakh dan memalingkan arah kiblat ke arah Baitullah, seperti firman Allah SWT,
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ
“Dan dari mana saja kamu berangkat, maka palingkanlah wajahmu ke masjidil haram …. ” (TQS Al Baqarah: 150).

Di satu sisi, pengubahan kiblat umat Islam ini sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Rasulullah saw. Di sisi lain, sungguh ini merupakan kebenaran yang disukai dan diridhoi Allah SWT.

Apa yang menimpa kaum muslim Palestina berdasarkan pada laporan PBB yang terjadi baru-baru ini, terusir dari kampung halaman dan jauh dari masjid mereka sungguh adalah hal yang berulang. Jika dahulu ini menimpa Rasulullah saw. dan para sahabat, hingga akhirnya dilewati dengan keridhoan Allah SWT dengan penerapan Islam secara sempurna. Hal yang tidak mungkin dilakukan di Makkah. Maka, Palestina juga akan mampu melewatinya dengan cara yang sama.

Tidak ada yang diridhoi oleh Allah SWT selain dari Islam. Islam yang diterapkan secara menyeluruh sehingga keberkatan dan rahmat tercurah bagi kaum muslim seperti firman Allah SWT,

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

“Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan”. (TQS Al A’raf: 96).

Wallahu a’lam bishshawab.

Artikulli paraprakNarkoba dan Sistem
Artikulli tjetërEmansipasi ala Kartini dan Emansipasi Menurut Pandangan Islam
Visi : Menjadi media yang berperan utama dalam membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhan mengembalikan kehidupan Islam. Semua isi berupa teks, gambar, dan segala bentuk grafis di situs ini hanya sebagai informasi. Kami berupaya keras menampilkan isi seakurat mungkin, tetapi Linimasanews.com dan semua mitra penyedia isi, termasuk pengelola konsultasi tidak bertanggungjawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan berkaitan penggunaan informasi yang disajikan. Linimasanews.com tidak bertanggungjawab atas akibat langsung ataupun tidak langsung dari semua teks, gambar, dan segala bentuk grafis yang dihasilkan dan disampaikan pembaca atau pengguna di berbagai rubrik “publik” seperti Opini, Suara Pembaca, Ipteng, Reportase dan lainnya. Namun demikian, Linimasanews.com berhak mengatur dan menyunting isi dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menjauhi isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras. Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab Linimasanews.com. Semua hasil karya yang dimuat di Linimasa news.com baik berupa teks, gambar serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta Linimasanews.com Misi : * Menampilkan dan menyalurkan informasi terbaru, aktual dan faktual yang bersifat edukatif, Inspiratif, inovatif dan memotivasi. * Mewadahi bakat dan/atau minat sahabat lini masa untuk turut berkontribusi membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhannya mengembalikan kehidupan Islam melalui literasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini