Transportasi dan Kebijakan Negara

0
23

Suara Pembaca

Pesawat Sriwijaya Air Sj – 182 rute Jakarta – Pontianak kecelakaan. Pesawat tersebut tercatat membawa 50 orang termasuk 7 anak-anak dan 3 bayi. Tragis, pesawat yang hanya sempat terbang kurang dari 5 menit setelah tinggal landas itu lalu hilang kontak dan akhirnya ditemukan jatuh di perairan kepulauan seribu.

Menanggapi peristiwa tersebut, ada faktor kebijakan dan regulasi yang tidak bisa dilepaskan dari kejadian ini. Menurut Anggota DPR RI fraksi PKS Suryadi Jaya Purnama, berlakunya UU Ciptaker tahun 2020 no 11 banyak menghapus pasal-pasal tentang penerbangan. Salah satunya, yang tadinya mewajibkan angkatan udara niaga melaporkan kegiatan angkatan udara setiap bulan, sekarang tidak disebutkan lagi secara pasti jangka waktunya. Hal ini menegaskan kontrol dan pengawasan pemerintah sangat lemah terhadap maskapai penerbangan.

Belum lagi, sejak Juli 2020 soal batas laik terbang dicabut demi memudahkan investasi.Dalam logika kapitalisme, keselamatan jiwa bisa dipinggirkan demi kepentingan ekonomi dan pihak investor .

Dalam Islam, negara bertanggung jawab langsung memenuhi hajat publik, khususnya hajat transportasi publik yang aman, nyaman, murah, tepat waktu, ini adalah bentuk pelayan negara sepenuh hati. Dalam Islam, penghargaan terhadap jiwa melebihi nilai bumi dan seisinya .

Ervianty
Yogjakarta

Artikulli paraprakMenjaga Fitrah agar Tidak Berakhir Musibah
Artikulli tjetërMenyoal Urgensitas Perpres Penanggulangan Ekstremisme
Visi : Menjadi media yang berperan utama dalam membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhan mengembalikan kehidupan Islam. Semua isi berupa teks, gambar, dan segala bentuk grafis di situs ini hanya sebagai informasi. Kami berupaya keras menampilkan isi seakurat mungkin, tetapi Linimasanews.com dan semua mitra penyedia isi, termasuk pengelola konsultasi tidak bertanggungjawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan berkaitan penggunaan informasi yang disajikan. Linimasanews.com tidak bertanggungjawab atas akibat langsung ataupun tidak langsung dari semua teks, gambar, dan segala bentuk grafis yang dihasilkan dan disampaikan pembaca atau pengguna di berbagai rubrik “publik” seperti Opini, Suara Pembaca, Ipteng, Reportase dan lainnya. Namun demikian, Linimasanews.com berhak mengatur dan menyunting isi dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menjauhi isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras. Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab Linimasanews.com. Semua hasil karya yang dimuat di Linimasa news.com baik berupa teks, gambar serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta Linimasanews.com Misi : * Menampilkan dan menyalurkan informasi terbaru, aktual dan faktual yang bersifat edukatif, Inspiratif, inovatif dan memotivasi. * Mewadahi bakat dan/atau minat sahabat lini masa untuk turut berkontribusi membangun kesadaran umat tentang fakta kebutuhannya mengembalikan kehidupan Islam melalui literasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini